Skip to main content

Teh botol sosro



ANALISIS PERSAINGAN BISNIS
Teh,siapa yang tidak tahu akan minuman ini? Selain rasanya yang enak juga memiliki sejuta manfaat, salah satunya adalah sebagai anti oksidan. Minuman ini  sangat popular di jepang,begitu juga di Indonesia. Baik orang tua maupun anak muda di Indonesia gemar mengkonsumsi teh setiap harinya sebagai pelepas dahaga. Oleh karena minat dipasaran yang begitu besar membuat 2 perusahaan ini harus saling berlomba dalam memperebutkan pasar di Indonesia.
1.      TEH BOTOL SOSRO
Teh Botol adalah merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT. Sinar Sosro. Teh Botol yang awalnya bernama Teh Cap Botol, dijual pertama kali tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji. Teh berjenis jasmine tea (campuran teh hijau dan bunga melati). Banyak cara yang dilakukan Sosrodjojo untuk memasarkan produknya,salah satunya dengan : metode cicip rasa, yakni dengan menyeduh teh dipasar-pasar tradisional terhadap teh tubruk cap botol. Pada demonstrasi pertama teh langsung diseduh di tempat dan disajikan pada calon konsumen yang menyaksikan. Namun cara tersebut memakan waktu lama sehingga calon konsumen cenderung meninggalkan tempat. Kemudian pada uji berikutnya teh telah diseduh dari pabrik dan kemudian dimasukkan ke dalam tong-tong dan dibawa dengan mobil. Akan tetapi cara ini ternyata membuat banyak teh tumpah selama perjalanan karena saat itu struktur jalan belum sebaik sekarang. Akhirnya sosro mencoba untuk memasukkannya pada kemasan-kemasan botol limun agar mudah dibawa. Berikut jenis-jenis botol yang pernah digunakan teh botol sosro.
 
Varian rasa :
Ø  Teh Hitam (Black Tea), Teh Hijau (Green Tea), dan Teh Melati (Jasmine Tea);
Kemasan yang tersedia :
·         Kemasan botol beling (Returnable Glass Bottle) dengan volume 220ml
·         Kemasan kotak (Tetra Pak) dengan volume 1liter, 250ml, 200ml
·         Kemasan pouch dengan volume 150ml
·         Kemasan PET volume 500ml.

2.      FRESTEA
Frestea diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2002 dan hingga kini tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi. Frestea diproduksi di bawah otoritas Pacific Refreshments Pte. Ltd dengan menggunakan standar kualitas tinggi The Coca-Cola Company, menggunakan teknologi tinggi dan didukung oleh proses produksi higienis, demi memastikan bahwa setiap botol Frestea memilki kualitas yang sama.
 
Varian rasa :
Jasmine, Green, Green Honey, Black Tea Honey, Lemon, Apel dan Markisa
 

Kemasan yang tersedia :
PET                 : 500 ml, 750 ml
Tetra Brick     : 250 ml
Tetra Wedge : 200 ml
RGB                : 220 ml


          


KESIMPULAN
Namun dari data yang berhasil saya temukan dapat saya ambil kesimpulan bahwa pada segmen teh kali ini dimenangkan oleh teh botol sosro, hal ini dikarenakan teh botol sosro banyak melakukan inovasi produk seperti :fruit tea,joy green tea dan teh celup sosro. Selain itu soal rasa teh botol sosro lebih diatas freshtea. Bahkan ada slogan yang berbunnyi “Apapun makanannya minumnya teh botol sosro”.Selain itu masyarakat Indonesia sering salah kaprah,misal kita ingin membeli teh dalam kemasan pasti kita akan mengucapkan teh botol.Hal ini dikarenakan produk sosro asli Indonesia ini sudah melekat dihati masyarakat Indonesia. Untuk frestea mungkin perlu memperbaiki produk dari segi kualitas rasa serta hal pemasaran.

Comments

Popular posts from this blog

Standar Audit & Akuntansi Internasional

Asal Usul Brebes

Translasi Mata Uang Asing