Teh botol sosro
ANALISIS PERSAINGAN BISNIS
Teh,siapa yang tidak tahu akan minuman ini? Selain rasanya
yang enak juga memiliki sejuta manfaat, salah satunya adalah sebagai anti
oksidan. Minuman ini sangat popular di
jepang,begitu juga di Indonesia. Baik orang tua maupun anak muda di Indonesia gemar
mengkonsumsi teh setiap harinya sebagai pelepas dahaga. Oleh karena minat
dipasaran yang begitu besar membuat 2 perusahaan ini harus saling berlomba
dalam memperebutkan pasar di Indonesia.
1. TEH BOTOL SOSRO
Teh Botol adalah merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT. Sinar Sosro. Teh Botol
yang awalnya bernama Teh Cap Botol, dijual pertama kali tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap
saji. Teh berjenis jasmine tea
(campuran teh hijau dan bunga melati). Banyak cara yang dilakukan Sosrodjojo
untuk memasarkan produknya,salah satunya dengan : metode cicip rasa, yakni
dengan menyeduh teh dipasar-pasar tradisional terhadap teh
tubruk cap botol. Pada demonstrasi pertama teh langsung diseduh di tempat dan
disajikan pada calon konsumen yang menyaksikan. Namun cara tersebut memakan
waktu lama sehingga calon konsumen cenderung meninggalkan tempat. Kemudian pada
uji berikutnya teh telah diseduh dari pabrik dan kemudian dimasukkan ke dalam
tong-tong dan dibawa dengan mobil. Akan tetapi cara ini ternyata membuat banyak
teh tumpah selama perjalanan karena saat itu struktur jalan belum sebaik
sekarang. Akhirnya sosro mencoba untuk memasukkannya pada kemasan-kemasan botol
limun agar mudah dibawa. Berikut jenis-jenis botol yang pernah digunakan teh
botol sosro.
Varian
rasa :
Ø Teh Hitam (Black Tea), Teh
Hijau (Green Tea), dan Teh Melati (Jasmine Tea);
Kemasan
yang tersedia :
·
Kemasan botol beling (Returnable Glass Bottle) dengan
volume 220ml
·
Kemasan kotak (Tetra Pak) dengan volume 1liter, 250ml,
200ml
·
Kemasan pouch dengan volume 150ml
·
Kemasan PET volume 500ml.
2. FRESTEA
Frestea
diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2002 dan hingga kini tidak
pernah berhenti untuk melakukan inovasi. Frestea diproduksi di bawah otoritas
Pacific Refreshments Pte. Ltd dengan menggunakan standar kualitas tinggi The
Coca-Cola Company, menggunakan teknologi tinggi dan didukung oleh proses
produksi higienis, demi memastikan bahwa setiap botol Frestea memilki kualitas
yang sama.
Varian rasa : Jasmine, Green, Green Honey, Black Tea Honey, Lemon, Apel dan Markisa
Kemasan yang tersedia :
PET : 500 ml, 750 ml
Tetra Brick : 250 ml
Tetra Wedge : 200 ml
RGB : 220 ml
KESIMPULAN
Namun dari data yang berhasil saya temukan dapat saya
ambil kesimpulan bahwa pada segmen teh kali ini dimenangkan oleh teh botol
sosro, hal ini dikarenakan teh botol sosro banyak melakukan inovasi produk
seperti :fruit tea,joy green tea dan teh celup sosro. Selain itu soal rasa teh
botol sosro lebih diatas freshtea. Bahkan ada slogan yang berbunnyi “Apapun
makanannya minumnya teh botol sosro”.Selain itu masyarakat Indonesia sering
salah kaprah,misal kita ingin membeli teh dalam kemasan pasti kita akan mengucapkan
teh botol.Hal ini dikarenakan produk sosro asli Indonesia ini sudah melekat
dihati masyarakat Indonesia. Untuk frestea mungkin perlu memperbaiki produk
dari segi kualitas rasa serta hal pemasaran.
Comments
Post a Comment